Arab Saudi Izinkan Wanita Daftar Haji Tanpa Mahram

0 0

RIYADH (Arrahmah.com) — Setelah mengumumkan bahwa Haji 2021 akan dibatasi hingga 60 ribu jamaah lokal, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan perempuan tanpa mahram diizinkan untuk mendaftar dan berangkat haji. Selain itu, Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi juga mengumumkan tiga paket ibadah haji serta pendaftaran secara daring, dikutip dari Arab New (14/6/2021).

Pendaftaran untuk ibadah haji tahun ini dibuka pada Ahad (13/6) pukul 1 siang, dan akan ditutup pada Rabu (23/6) mendatang, pukul 10 malam.

Mengutip tulisan yang diterbitkan Arab News pada 2019 lalu, Pemerintah Saudi sebelumnya telah mendiskusikan soal perizinan ibadah haji tanpa mahram untuk para perempuan yang berusia di bawah 45 tahun.

Sebelumnya, perempuan diwajibkan untuk berangkat ibadah ke Tanah Suci dengan didampingi oleh wali laki-lakinya, atau bertemu dengan walinya setibanya di Saudi.

Bagi perempuan berusia di atas 45 tahun, mereka boleh berangkat haji atau umrah tanpa mahram, selama mereka melakukan perjalanan dan ibadah bersama dengan kelompok tur khusus.

Namun, pada pendaftaran haji 2021, tidak disebutkan batasan usia wanita. Hanya disebutkan bahwa semua pendaftar mesti berada di rentang usia 18-65 tahun.

Tak seperti pada pelaksanaan haji tahun 2020 yang digelar gratis, tahun ini Kementerian Haji dan Umrah menetapkan harga paket layanan yang dibagi dalam 3 kategori sesuai kemampuan bujet. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya