Turki Siap Kirim Pejuang Suriah Bantu Afghanistan Perangi Taliban

0 0

LONDON (Arrahmah.com) – Turki sedang membuat persiapan untuk mengirim beberapa kelompok perlawanan Suriah ke Afghanistan, lapor Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).

Menurut lembaga HAM yang berbasis di London, misi utama dari pengiriman tersebut adalah untuk memerangi Taliban apabila mereka merebut bandara di Kabul.

Dilansir Al Monitor (12/7/2021), Intelijen Turki sendiri telah melakukan kesepakatan dengan sejumlah faksi di Suriah, antara lain: Suqour al Sham, Suqour al Shamal, Faylaq al Majd, Brigade Samarkand, Divisi Hamza, Divisi Sultan Murad Division, dan Brigade Suleiman Shah.

Rencananya sekitar 2.000 milisi akan dikirim ke Afghanistan pada bulan September dengan gaji bulanan sebesar $2.000-3.000 dan akan ditempatkan di ibu kota Kabul, khususnya untuk mengamankan Bandara Internasional Hamid Karzai dan gedung-gedung penting pemerintah Afghanistan.

“Intelijen Turki akan merekrut tentara bayaran ini ke dalam perusahaan keamanan Turki dengan kontrak resmi dan mengirim mereka ke sana [ke Kabul] secara resmi. Turki ingin bermain di hukum internasional dengan mendaftarkan tentara bayaran ini ke dalam perusahaan keamanan dan melegitimasi kehadiran mereka di Kabul agar untuk menjaga citranya,” demikian bunyi laporan SOHR, dikutip dari Southfront.

Pihak Taliban sendiri telah memperingatkan Ankara agar menarik pasukannya dari Afghanistan setelah 11 September. (hanoum/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya