AS bentuk C5+1 "demi" Afghanistan

0 0

TASHKENT (Arrahmah.com) – AS akan terus meminta dukungan regional dan internasional yang kuat untuk proses perdamaian Afghanistan, Penasihat Keamanan Dalam Negeri Amerika Elizabeth Sherwood-Randall mengatakan Kamis (15/7/2021).

Komentarnya dibuat selama pertemuan C5+1 di ibukota Uzbekistan, Tashkent. Formatnya mencakup lima negara Asia Tengah — Kazakstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan, ditambah AS.

Menteri luar negeri negara-negara tersebut, kecuali Kirgistan, yang Wakil Menteri Luar Negeri Nuran Niyazaliev, menghadiri pertemuan tersebut.

“Kami akan terus mendukung negosiasi untuk mencapai solusi politik yang membawa perdamaian Afghanistan dan untuk membangun basis dukungan regional dan internasional yang kuat untuk masa depan Afghanistan,” tutur Sherwood-Randall.

Dia mencatat bahwa anggota C5+1 dapat berbuat lebih banyak bersama untuk mengatasi masalah kepentingan bersama, yang tidak terbatas pada Afghanistan.

Tentang penarikan AS dari Afghanistan, Sherwood-Randall mengungkapkan: “Kami akan terus memberikan bantuan keamanan kepada Pasukan Pertahanan Nasional Afghanistan, serta bantuan pembangunan dan kemanusiaan. Kami akan terus mengambil tindakan agresif terhadap kelompok “teroris” yang mengancam AS dan bahwa merusak keamanan sekutu dan mitra kami, termasuk negara anda.”

Menteri Luar Negeri Uzbekistan Abdulaziz Kamilov mengatakan format C5+1 berkontribusi pada peningkatan konektivitas di bidang ekonomi, sektor energi, dan perdagangan antar negara. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya