Kelompok pertama penerjemah Afghan telah tiba di AS

0 344

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Kelompok pertama yang terdiri dari 2.500 penerjemah dan keluarga mereka yang dievakuasi dari Afghanistan tiba di AS pada Kamis (29/7/2021).

Mereka akan tinggal di Pangkalan Angkatan Darat Fort Lee dekat Washington DC untuk menyelesaikan proses Visa Imigran Khusus (SIV).

Program SIV ditawarkan kepada mereka yang bekerja dengan pemerintah AS atau pasukan militer pimpinan Amerika selama perang Afghanistan, yang dimulai pada 2001, lansir BBC.

Ancaman terhadap warga Afghanistan yang membantu AS telah meningkat di tengah kemajuan Taliban.

Angkatan Darat akan menampung 2.500 warga Afghanistan di Fort Lee sementara mereka menyelesaikan proses pemeriksaan, pemeriksaan medis, dan persyaratan lain untuk visa.

Sejak 2008, sekitar 70.000 warga Afghanistan yang telah menerima SIV telah dimukimkan kembali di negara itu, menurut pejabat AS.

Pekan lalu, seorang pejabat senior departemen luar negeri mengatakan bahwa jumlah total pelamar SIV mencapai lebih dari 20.000. Sekitar setengah belum menyelesaikan langkah pertama dari proses.

Mike Jason, mantan komandan batalion Angkatan Darat AS yang dikerahkan ke Afghanistan, mengatakan kepada BBC bahwa bepergian melintasi wilayah yang dikuasai Taliban dengan dokumentasi yang diperlukan untuk SIV menempatkan para penerjemah dalam “bahaya mematikan”.

Pertempuran antara pejuang Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan telah meningkat selama dua bulan terakhir ketika pasukan internasional ditarik keluar dari negara itu.

Taliban baru-baru ini mengklaim bahwa pejuang mereka telah merebut kembali 85% wilayah negara itu – tetapi angka ini dibantah oleh pemerintah dan tidak mungkin untuk diverifikasi secara independen.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya