Kirgistan akan kantongi drone Turki dan Rusia

0

BISHKEK (Arrahmah.com) – Presiden Kirgistan mengatakan Sabtu (23/10/2021) bahwa negaranya akan membeli kendaraan udara tak berawak (UAV) dari Turki dan Rusia.

“Kami tidak membeli drone untuk berperang dengan seseorang. Kami akan membeli drone untuk memastikan keamanan negara,” bela Sadyr Japarov dalam konferensi pers tahunan pertamanya di ibu kota Bishkek, setelah menjabat pada awal 2021.

Japarov mengkonfirmasi pernyataan yang dibuat oleh Jenderal Kamchibek Tasiyev, ketua Komite Keamanan Nasional Kirgistan, bahwa mereka telah memesan drone Bayraktar TB2 Turki.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Menyebutkan konflik bersenjata di sepanjang perbatasan dengan Tajikistan April ini, di mana 36 orang di pihak Kirgistan tewas, dia berkata, “Kami bahkan tidak memiliki satu pesawat pun untuk diterbangkan selama konflik. Sekarang kami akan membeli kedua pesawat dan UAV. Kami akan memenuhi pembelian ini dari anggaran.”

Dia mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan hubungan mereka dengan negara-negara tetangga Kazakhstan dan Uzbekistan setelah bertahun-tahun hubungan “dingin”. Dia menambahkan bahwa negara itu juga telah memperkuat hubungannya dengan Rusia dan Turki.

Pada perang melawan korupsi, presiden mengatakan negara telah menuai sekitar $87,45 juta.

Pada komentar bahwa Sooronbay Jeenbekov, pendahulunya yang mengundurkan diri pada Oktober 2020 sebagai akibat dari protes, Caparov mengatakan tidak ada rencana untuk membatalkan status kepresidenannya, dan menambahkan: “Tradisi memecat presiden harus diakhiri.”

Mengenai gagasan pendirian kota baru di wilayah Issyk-Kul Kirgistan, dia berkata, “Kami akan memulai pembentukan kota Asman. Saat ini, pekerjaan perencanaan kota sedang berlangsung.” (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah