AS kecam kudeta Sudan, tangguhkan bantuan senilai 700 juta USD

0

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Pemerintahan Biden pada Senin (25/10/2021) menangguhkan 700 juta USD dalam bantuan keuangan ke Sudan menyusul kudeta di negara Afrika yang dikutuk oleh para pejabat AS.

Departemen Luar Negeri mengatakan jumlah penuh dari paket bantuan telah “dihentikan” sambil menunggu tinjauan perkembangan di Khartoum yang melihat militer menggulingkan otoritas transisi yang dipimpin sipil dan menahan banyak anggotanya. Juru bicara Ned Price menyerukan pembebasan segera mereka yang ditangkap, termasuk Perdana Menteri Abdalla Hamdok, dan pemulihan otoritas sipil, lansir AP (25/10).

“Pemerintah transisi yang dipimpin sipil harus segera dipulihkan. Ini mewakili keinginan rakyat Sudan, sebagaimana dibuktikan oleh demonstrasi dukungan yang signifikan dan damai,” kata Price. “Kami mengakui keluhan yang sah tentang laju transisi, tetapi pemecatan pejabat pemerintah dan pembubaran lembaga pemerintah, keduanya melanggar deklarasi konstitusional Sudan dan mengabaikan aspirasi demokrasi rakyat Sudan.”

“Pejabat militer harus segera membebaskan dan memastikan keamanan semua aktor politik yang ditahan, sepenuhnya memulihkan pemerintahan transisi yang dipimpin sipil dan menahan diri dari segala kekerasan terhadap pengunjuk rasa, termasuk penggunaan peluru tajam,” kata Price. “Setiap perubahan pada pemerintah transisi dengan paksaan berisiko terhadap bantuan dan hubungan bilateral kami secara lebih luas.”

Bantuan yang ditangguhkan itu adalah dukungan keuangan langsung yang dimaksudkan untuk membantu transisi negara itu ke pemerintahan sipil sepenuhnya. Price mengatakan bantuan tambahan AS ke negara itu juga bisa berisiko, bersama dengan hubungan yang lebih luas. Hubungan antara Washington dan Khartoum telah memanas sejak Sudan setuju untuk membayar kompensasi kepada para korban pemboman kedutaan tahun 1998 di negara tetangga Kenya dan Tanzania di dekatnya yang direncanakan di tanah Sudan oleh jaringan al-Qaeda. Sudan telah dihapus dari daftar “negara sponsor terorisme” AS akhir tahun lalu.

Tidak segera jelas berapa banyak bantuan yang diberikan AS kepada Sudan selain 700 juta USD yang ditangguhkan. Banyak bentuk bantuan AS, termasuk bantuan militer. (haninmazaya/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Saksikan Video Terbaru Arrahmah, Ghazwatul Hind