Khalifa Haftar akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden

0

TRIPOLI (Arrahmah.com) – Komandan Tentara Nasional Libya Khalifa Haftar akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Libya yang dijadwalkan bulan depan, ia mengumumkan dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa (16/11/2021).

“Pemilu adalah satu-satunya jalan keluar dari krisis parah yang melanda negara kita,” kata Haftar, yang diperkirakan akan mendaftar secara resmi Selasa malam di pusat pemilihan di Benghazi, lansir Reuters.

Haftar mengobarkan perang terhadap faksi-faksi di barat setelah negara itu terpecah pada tahun 2014, termasuk serangan 14 bulan untuk merebut Tripoli yang ditolak oleh pemerintah yang diakui secara internasional.

Keputusan Haftar untuk mencalonkan diri akan membuat marah banyak orang di Tripoli dan wilayah barat yang mengatakan tidak ada suara di wilayah yang dia pegang bisa adil.

Pemilihan itu dimaksudkan sebagai tonggak dalam proses politik untuk menyatukan Libya kembali setelah satu dekade kekacauan yang muncul dari pemberontakan yang didukung NATO 2011 yang menggulingkan mantan Presiden Libya Muammar Qaddafi.

Namun, tanpa kesepakatan yang jelas tentang dasar hukum pemilihan, fraksi besar dapat menolak suara.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel