Pakistan tawarkan diri jadi tuan rumah pertemuan OKI bertopik Afghanistan

0 100

ISLAMABAD (Arrahmah.com) – Pakistan telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak para menteri luar negeri dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) bulan depan untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang membayangi di Afghanistan, kata menteri luar negeri Shah Mehmood Qureshi, dikutip AFP, Selasa (30/11/2021).

PBB telah berulang kali memperingatkan bahwa Afghanistan berada di ambang krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dan Qureshi mengatakan “OKI harus turun tangan untuk membantu saudara-saudara kita di Afghanistan”.

“Kita harus meningkatkan upaya kolektif untuk meringankan kebutuhan kemanusiaan rakyat Afghanistan,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Tawaran Pakistan ini datang setelah permintaan dari Arab Saudi, yang saat ini memimpin kelompok beranggotakan 57 negara.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Ini kemungkinan akan menjadi pertemuan internasional terbesar di Afghanistan sejak kembalinya Taliban.

Setelah Taliban merebut kekuasaan setelah penarikan AS pada Agustus, lebih dari separuh negara itu menghadapi kekurangan pangan “akut”. Prospek musim dingin yang panjang dan keras meningkatkan momok kelaparan massal dan migrasi.

Komunitas internasional telah mewaspadai pendanaan upaya bantuan melalui pemerintah baru Taliban, yang dianggap paria karena hubungannya dengan terorisme. (Althaf/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Banner Donasi Arrahmah