Balas Perlakuan AS, Cina Jatuhkan Sanksi Pada 4 Pejabat AS

0

BEIJING (Arrahmah.com) — Cina menjatuhkan sanksi terhadap empat pejabat anggota komisi kebebasan beragama Amerika Serikat (USCIRF). Langkah ini dianggap sebagai balasan usai AS menjatuhkan sanksi atas pejabat Cina atas tuduhan genosida Uighur.

Kementerian Luar Negeri Cina menjatuhkan sanksi itu kepada ketua USCIRF, Nadine Maenza; wakil ketua, Nury Tukrel; dan dua komisioner, Anurima Bhargava, dan James W Carr.

“Tindakan balasan ini termasuk pelarangan mereka untuk memasuki Cina dan pembekuan aset di Cina, Hong Kong, dan Makau,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, kepada AFP, Selasa (21/12/2021).

Zhao Lijian kemudian berujar, “Warga Cina dan beberapa institusi juga dilarang menjalin kesepakatan dengan orang-orang tersebut.”

Beijing mengambil keputusan ini setelah Washington menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah politikus Cina dan beberapa perusahaan yang diduga berkontribusi melakukan pelanggaran HAM di Xinjiang.

Tak hanya itu, Amerika juga mengumumkan boikot secara diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing yang akan berlangsung Februari mendatang.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

USCIRF sendiri merupakan komisi federal yang melakukan survei kebebasan beragama di dunia. Lembaga ini kerap mengkritik ancaman Cina terhadap minoritas Muslim Uighur di Xinjiang.

Para aktivis mengatakan setidaknya satu juta orang Uighur di penjara di kamp Xinjiang.

Kelompok hak asasi manusia dan pemerintah asing juga kerap menyoroti tindakan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah tersebut.

Mereka mengaku memiliki bukti penangkapan massal, kerja paksa, politik indoktrinasi, dan penyiksaan di Xinjiang. Amerika Serikat menggambarkan rangkaian insiden itu sebagai bentuk genosida.

Namun, Cina terus membantah tudingan itu. Menurutnya, kamp itu adalah pusat pelatihan kejuruan untuk mengurangi ekstremisme Islam. (hanoum/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel