Senior Taliban Pakistan meninggal dunia di Afghanistan (?)

0

NANGARHAR (Arrahmah.com) – Seorang pemimpin senior Tehreek-e-Taliban Pakistan (Taliban Pakistan atau TTP) telah tewas di Afghanistan timur, pejabat keamanan Pakistan mengatakan, saat proses pembicaraan damai antara kelompok bersenjata dan pemerintah tetap terhenti.

Khalid Balti, juga dikenal dengan nom de guerre Muhammad Khorasani ketika ia menjabat sebagai juru bicara kelompok itu, tewas di provinsi Nangarhar, seorang sumber keamanan mengatakan kepada Al Jazeera pada Selasa (11/1/2022).

Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media tentang masalah ini.

“Jelas bahwa orang yang terbunuh adalah Khalid Balti,” kata pejabat itu, sambil membenarkan pembunuhan itu terjadi di provinsi Nangarhar Afghanistan, di sepanjang perbatasan dengan Pakistan.

Balti alias Muhammad Khorasani telah lama menjadi juru bicara Taliban Pakistan, dan kelompok itu mengklarifikasi bahwa juru bicara saat ini “hidup dan sehat”.

Balti, yang dikatakan berusia akhir 40-an, berasal dari wilayah Gilgit-Baltistan di Pakistan utara, dan mengambil alih sebagai juru bicara Taliban Pakistan dari Sheikh Maqbool – yang menggunakan alias Shahidullah Shahid – pada tahun 2014.

Tahun itu, militer Pakistan melancarkan operasi keamanan terhadap Taliban Pakistan di bekas markas dan benteng Waziristan Utara, menggusur kelompok itu dan banyak pejuangnya ke Afghanistan timur.

Sumber keamanan Pakistan menggambarkan Balti sebagai “pemimpin penting” Taliban Pakistan, bertentangan dengan klaim kelompok bersenjata itu.

Tidak jelas apa, jika ada, peran operasional yang dimainkan Balti dengan Taliban Pakistan baru-baru ini, setelah dibebaskan dari tahanan pemerintah Afghanistan oleh Taliban Afghanistan ketika kelompok itu menguasai Kabul pada bulan Agustus.

Bulan lalu, gencatan senjata selama sebulan antara militer Pakistan dan Taliban Pakistan berakhir tanpa pembaruan, saat proses perdamaian yang baru lahir – ditengahi oleh Taliban Afghanistan – tampaknya terhenti.

Taliban Pakistan mengklaim pemerintah Pakistan telah mengingkari janjinya untuk membebaskan tahanan Taliban Pakistan dan menghentikan serangan keamanan di tempat persembunyian TTP.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel