Serangan koalisi Arab tewaskan 40 militan Houtsi dan hancurkan lima kendaraan militer

0

MARIB (Arrahmah.id) – Serangan Koalisi Arab di Marib terhadap pasukan Syiah Houtsi yang didukung Iran telah menewaskan lebih dari 40 teroris dan menghancurkan lima kendaraan militer dalam 24 jam terakhir, kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada Sabtu (22/1/2022).

Itu terjadi sebagai bagian dari delapan serangan oleh koalisi yang menargetkan posisi Houtsi, pada saat ketegangan meningkat dengan Houtsi Yaman yang didukung Iran.

Anggota tetap Liga Arab diharapkan menjadi tuan rumah pertemuan luar biasa dewan atas permintaan UEA untuk membahas serangan baru-baru ini di Abu Dhabi.

Serangan milisi Houtsi yang didukung Iran telah menarik kecaman global, dengan pernyataan mengutuk serangan tersebut dari lebih dari 114 organisasi dan negara internasional, lansir Al Arabiya (23/1).

Dr. Anwar Gargash dari UEA, penasihat diplomatik presiden negara itu, adalah di antara banyak pejabat lokal yang sedang berbicara dengan perwakilan global untuk menemukan solusi bagi masalah Houtsi yang didukung Iran.

Pada Jumat, Gargash mengatakan bahwa UEA memiliki “hak hukum dan moral” untuk membela diri terhadap tindakan teroris oleh milisi Houtsi Yaman yang didukung Iran selama panggilan dengan Hans Grundberg, Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Yaman.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Pejabat UEA juga bertemu dengan Utusan Khusus AS untuk Yaman Tim Lenderking pada Sabtu, di mana ia mengulangi perlunya “tekanan internasional yang tepat” yang dapat membantu mencapai kesepakatan gencatan senjata dan bantuan dalam menemukan solusi politik untuk krisis Yaman.

Houtsi Yaman yang didukung Iran telah meluncurkan puluhan serangan lintas perbatasan ke Arab Saudi sepanjang tahun 2021.

Pada September 2021, Houtsi mengintensifkan upaya mereka untuk merebut Marib, ibu kota provinsi yang merupakan benteng terakhir pemerintah di utara.

Milisi yang didukung Iran sering menargetkan daerah sipil dan fasilitas energi di Kerajaan dengan drone bermuatan bahan peledak dan rudal balistik.

Koalisi Arab telah melakukan serangan terhadap target militer Houtsi di Yaman dalam beberapa bulan terakhir, memperingatkan warga sipil untuk tidak mendekati atau berkumpul di sekitar lokasi yang ditargetkan sebelumnya.

Koalisi juga menekankan bahwa operasi akan dilakukan sesuai dengan hukum humaniter internasional. (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah