Pemboman Turki di Tel Abyad dan Ain Issa Sebabkan Ribuan Siswa Kehilangan Hak Pendidikanya

0

AIN ISSA (Arrahmah.id) — Saleh Messi, ketua bersama Komite Pendidikan di kota Ain Issa, utara Raqqa, Suriah utara, mengatakan pada hari Ahad (13/3/2022) bahwa serangan Turki terhadap desa-desa di daerah perbatasan antara faksi perlawanan Suriah dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) merampas hak pendidikan ribuan siswa.

Komite Pendidikan di kota Ain Issa dan kota Tel Abyad sebelumnya mengawasi 420 sekolah, tetapi setelah pendudukan Tel Abyad oleh Turki dan faksi-faksi yang didukung Turki pada Oktober 2019, hanya 100 sekolah yang tetap berada di bawah pengawasan komite, menurut kepada Messi.

Ain Issa dan desa-desa sekitarnya dibombardir oleh pasukan Turki dan faksi oposisi bersenjata yang didukung Turki dari waktu ke waktu.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Messi mengatakan kepada North Press bahwa lebih dari 3.000 siswa kehilangan hak pendidikan mereka di pedesaan Tel Abyad dan kota Ain Issa. Semua itu akibat dari pemboman berulang yang dilakukan oleh Turki – faksi yang didukungnya.

Sejak awal tahun ini, empat sekolah di desa al-Zaydi, Wusta, Shimali dan Sufyan di pedesaan Ain Issa telah menjadi sasaran pemboman Turki, yang menyebabkan tidak berfungsi, tambah Messi.

Sejumlah besar siswa akhirnya putus sekolah karena keluarga mereka takut akan terkena pemboman Turki, menurut kepala Komite Pendidikan. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah