Jerman akan menuntut pengguna simbol "Z"

0 507

BERLIN (Arrahmah.id) – Individu yang menampilkan huruf “Z” di Jerman untuk melambangkan dukungan untuk perang Rusia di Ukraina dapat dikenakan tuntutan, kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri.

Menteri dalam negeri negara bagian Berlin mengatakan sebelumnya pada Senin (28/3/2022) bahwa otoritas kota akan menggunakan kasus simbol Z yang digunakan untuk mendukung agresi Rusia, menyusul pengumuman oleh Bavaria dan Lower Saxony bahwa mereka juga akan menghukum tindakan tersebut.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri pemerintah federal mengatakan kepada wartawan: “Huruf Z seperti itu tentu saja tidak dilarang, tetapi penggunaannya mungkin dalam kasus-kasus individu merupakan dukungan dari perang agresi Rusia,” lansir Al Jazeera.

Setelah invasi 24 Februari, pendukung pemerintah di dalam dan di luar Rusia telah menggunakan simbol itu, yang tidak ada dalam alfabet Cyrillic yang digunakan di Rusia, untuk menunjukkan solidaritas dengan angkatan bersenjata Rusia yang berperang di negara tetangga. Simbol itu juga terlihat pada tank militer Rusia yang dikerahkan di Ukraina.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

“Perang agresi Rusia di Ukraina adalah tindakan kriminal, dan siapa pun yang secara terbuka menyetujui perang agresi ini juga dapat membuat dirinya bertanggung jawab atas penuntutan,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri.

“Otoritas keamanan federal mengawasi hal ini, dan dalam hal ini kami menyambut baik pengumuman bahwa beberapa negara bagian federal juga akan memeriksa dalam kasus-kasus individual apakah ini bisa menjadi tindakan kriminal dan mengambil tindakan yang sesuai,” katanya.

Ada berbagai teori yang dikemukakan sejak simbol Z pertama kali terlihat terpampang pada perangkat keras militer, di samping huruf-huruf lain, termasuk V dan O. Teori tersebut berkisar dari saran bahwa mereka mewakili huruf pertama dari nama lengkap Presiden Ukraina Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy , untuk kecurigaan bahwa mereka mewakili daerah di mana tentara yang mengoperasikannya biasanya berbasis.

Sebuah posting Instagram oleh Kementerian Pertahanan menyarankan bahwa simbol Z singkatan dari “za pobedu”, atau “untuk kemenangan”.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah