Menag: 1 Ramadhan 1443 Hijriah Jatuh Pada Ahad 3 April 2022

0 277

JAKARTA (Arrahmah.id) – Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022, sehingga puasa akan dimulai pada hari Ahad.

“Sepakat kami menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari ahad tanggal 3 April 2022,” ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam siaran persnya, Jumat (1/4/2022), lansir tvonenews.com.

Hasil tersebut diputuskan usai pemantauan (Rukyatul) hilal di 101 titik di 34 Provinsi seluruh Indonesia pada Jumat (1/4/2022).

“Laporan sejumlah Kementerian Agama di daerah yang kita tempatkan tidak kurang pada 101 titik di 34 provinsi di seluruh wilayah Indonesia, dari 101 titik ini melaporkan tidak melihat hilal,” jelasnya.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Laporan hasil rukyatul hilal tersebutlah yang menjadi landasan pertimbangan untuk pemerintah dalam menetapkan jadwal awal puasa Ramadhan.

Sidang isbat awal Ramadhan 1443 Hijriah hari ini melibatkan sejumlah kalangan diantaranya, sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren

(ameera/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah