Militan ISKP Serang Uzbekistan dengan Roket

0

UZBEKISTAN (Arrahmah.id) — Kelompok militan Islamic State Khurasan Provience (ISKP) mengatakan telah melakukan serangan roket ke Uzbekistan dari negara tetangga Afghanistan pada Senin (18/4/2022). Serangan tersebut merupakan serangan pertama oleh ISKP terhadap negara Asia Tengah itu.

Dilansir VOA (18/4), militan ISKP menembakkan 10 roket ke pangkalan militer Uzbekistan di kota perbatasan Termez, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan. Namun pihak berwenang di Uzbekistan menolak laporan serangan itu.

Menurut Kementerian Pertahanan Uzbekistan, pada hari Selasa (19/4), dalam situs webnya dikatakan bahwa perbatasan negara itu dengan Afghanistan “dikendalikan sepenuhnya oleh militer Uzbekistan dan stabil.”

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Militan ISKP telah meningkatkan serangan di dan sekitar Afghanistan setelah penarikan militer asing pimpinan AS dari negara itu pada Agustus setelah 20 tahun.

Kelompok itu telah melakukan beberapa serangan di negara tetangga Pakistan, termasuk bom bunuh diri mematikan di sebuah kuil Syiah di kota barat laut Peshawar bulan lalu.

Serangan itu menewaskan lebih dari 60 pemeluk agama Syiah dan melukai puluhan lainnya. Pihak berwenang Pakistan mengatakan pengebom itu adalah seorang pengungsi Afghanistan yang menerima pelatihan di Afghanistan. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah