MasyaAllah, Blackburn Rovers undang umat Islam untuk Shalat Idul Fitri di stadion Ewood Park

0

LONDON (Arrahmah.id) – Klub Inggris Blackburn Rovers membuat sejarah dalam menyambut Idul Fitri tahun ini. Mereka menjadi klub pertama yang mengizinkan lapangan mereka digunakan untuk salat Idul Fitri.

Rovers mengumumkan pembukaan Stadion Ewood Park untuk salat Idul Fitri melalui media sosial. Diperkirakan setidaknya ada 1000 umat Islam yang bisa melaksanakan ibadah Idul Fitri di tempat itu

“Untuk merayakan akhir Ramadhan, shalat Idul Fitri di Ewood Park akan diadakan pada hari Idul Fitri, dari jam 9 pagi hingga 10 pagi,” kata klub itu dalam sebuah pernyataan di situs web mereka.

“Selama bertahun-tahun, Rovers telah mensponsori festival Idul Fitri tahunan di Corporation Park dan klub dengan senang hati menunjukkan dukungannya lebih lanjut dengan menyelenggarakan salat Idul Fitri tahun ini di lapangan Ewood Park,” lanjut mereka.

(Instagram @brfctrust)

 

Sholat Ied di lapangan Rovers adalah bagian dari rangkaian acara Ewood mendatang di bawah payung #OneRovers.

Rangkaian acara ini termasuk Let’s Go Sing yang berlangsung pada hari Kamis 28 April dan konser SummerFest selama tiga hari pada akhir Mei.

Sholat Idul Fitri di Ewood Park terbuka untuk umum baik pria maupun wanita. Panitia meminta siapa saja yang ingin salat di tempat untuk membawa sajadah sendiri.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Sedangkan fasilitas lainnya disediakan panitia secara cuma-cuma. Fasilitas gratisnya adalah berapa banyak transportasi bus gratis dari Corporation Park dan Queen’s Park. Selain itu, mereka juga menyiapkan makanan ringan dan minuman.

Islam sendiri merupakan agama kedua yang paling dianut di Inggris setelah Kristen.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Statistik (ONS) Inggris, dijelaskan bahwa total warga Muslim di Inggris sebanyak 3.114.992 orang pada 2014. Jumlah tersebut setara dengan 5,4 persen dari total populasi di Inggris saat itu.

Sementara, Mail on Sunday mengungkapkan, di beberapa kawasan London, proporsi penduduk Muslim mencapai hampir 50 persen seperti di Tower Hamlets dan Newham di London Timur pada 2014.

Di sisi lain, wilayah di luar kota London yang memiliki proporsi warga Muslim cukup signifikan adalah Balckburn (29 persen), Slough (26 persen), Luton (25,7 persen), Birmingham (23 persen), Leicester (20 persen), dan Manchester (18 persen).

Sementara itu, sejumlah staf Blackburn Rovers juga diketahui beragama Islam. Pada Jumat (22/4/2022), Blackburn Rovers mengunggah foto momen buka bersama stafnya hingga Salat Maghrib berjamaah.

Rovers adalah klub yang bermain di kasta Championship atau kasta kedua Inggris. Saat ini mereka berada di peringkat tujuh klasemen sementara dengan koleksi 66 poin dari 44 pertandingan yang dimainkan. (rafa/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah