Momen Idulfitri, Mesir bebaskan tiga jurnalis dari tahanan

0 37

KAIRO (Arrahmah.id) – Pihak berwenang Mesir telah membebaskan tiga jurnalis, kata kepala serikat jurnalis, yang terbaru dalam serangkaian pembebasan ketika Presiden Abdel Fattah al-Sisi tampaknya menjangkau para pengkritik pemerintahannya.

Ammer Abdel-Moneim, Hany Greisha, dan Essam Abdeen bebas dari penjara pada Ahad (1/5/2022) setelah menghabiskan sekitar satu setengah tahun dalam tahanan dalam kasus terpisah, lansir Al Jazeera.

Khaled el-Bashy, wakil kepala Serikat Jurnalis, memposting gambar yang menunjukkan tiga jurnalis mengenakan seragam penjara putih dan merangkul keluarga mereka di jalan.

Mereka dibebaskan sambil menunggu penyelidikan atas tuduhan awal penyalahgunaan media sosial dan bergabung dengan “kelompok teroris”, yang mengacu pada Ikhwanul Muslimin. Mesir menetapkan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi teroris pada 2013. Ketiganya belum diadili.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Pembebasan mereka terjadi beberapa hari setelah pihak berwenang membebaskan 41 tahanan – termasuk beberapa penulis dan aktivis terkemuka – yang telah ditahan selama berbulan-bulan, juga tanpa pengadilan. Penahanan pra-persidangan yang panjang telah menjadi perhatian utama kelompok-kelompok hak asasi dalam beberapa tahun terakhir.

Al-Sisi juga mengaktifkan kembali komite pengampunan presiden dan mengangkat anggota baru. Komite, yang bertugas meninjau kasus-kasus tahanan yang ditahan karena kejahatan politik, dibentuk pada tahun 2016 dan tidak efektif dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Kamis, pihak berwenang membebaskan aktivis politik terkemuka Hossam Monis menyusul pengampunan oleh al-Sisi. Monis menjalani hukuman empat tahun atas tuduhan teror yang oleh para pembela hak asasi dianggap tidak berdasar.  (haninmazaya/arrahmah.id)

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah