Berdemo Sambil Lepas Hijab, Perempuan Iran Tewas Diberondong Polisi

0

TEHERAN (Arrahmah.id) — Perempuan Iran, Hadis Najafi, dikabarkan tewas diberondong usai melakukan demonstrasi kecam kematian Mahsa Amini yang tewas usai ditangkap polisi moral karena salah memakai hijab.

Najafi dilaporkan tewas diberondong pasukan keamanan Iran setelah ikut demo dan sengaja melepas hijab sebagai bentuk protes.

Ia sempat viral di media sosial karena aksinya melepas hijab dan terekam video. Tak memakai hijab di Iran sendiri dianggap sebagai salah satu pelanggaran serius.

Hijab merupakan kewajiban yang harus ditaati bagi para perempuan di Iran tak memandang agama dan kebangsaan mereka sejak 1983, empat tahun setelah revolusi Iran.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Seperti dikutip dari News Week (26/9/2022), kematian Najafi diduga akibat berondongan senjata api oleh pasukan keamanan Iran.

“Video ikonis dari Hadis Najafi yang sempat viral kemarin, ketika ia bersiap untuk melakan protes. Keluarganya kemudian merilis video dari pemakamannya di Karaj hari ini. Dia ditembak dengan delapan peluru yang mengenai leher, muka tangan, dan menembus jantung,” demikian pernyataan dari salah satu pengguna akun Twitter, Mahsa Alimardani.

Sebelumnya, banyak warga Iran terutama dari kelompok Kurdi yang marah dan turun ke jalan untuk protes setelah Amini yang juga suku Kurdi tersebut meninggal dunia.

Setidaknya lebih dari 30 orang tewas dalam demonstrasi berdarah di Iran. AFP (25/9) melaporkan, sedikitnya 700 pedemo ditangkap polisi Iran. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...