Swedia Tidak Lagi Rekomendasikan Vaksin untuk Anak

0

STOCKHOLM (Arrahmah.id) – Badan kesehatan masyarakat Swedia, Jumat (30/9/2022), mengatakan bahwa pihaknya tidak lagi merekomendasikan suntikan vaksin Covid-19 bagi anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun.

Keputusan ini muncul seiring dengan rendahnya tingkat risiko penularan Covid-19 bagi kelompok anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun tersebut.

“Keputusan ini berarti bahwa 1 November 2022, hanya anak-anak dalam kelompok rentan tertentu yang mendapatkan rekomendasi dan tawaran untuk vaksinasi Covid-19,” kata badan kesehatan Swedia sebagaimana dilansir Channel News Asia dari AFP.

Rekomendasi ini baru akan berlaku mulai 31 Oktober 2022 mendatang.

Pada bulan September lalu, Inggris, telah lebih awal, mencabut rekomendasi pemberian vaksin bagi anak-anak di bawah usia 11 tahun.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

“Secara keseluruhan kami melihat bahwa kebutuhan perawatan akibat Covid-19 terbilang rendah untuk kalangan anak-anak dan remaja. (Tingkat perawatan akibat Covid-19 bagi anak-red) juga telah mereda sejak varian Omicron menyebar,” sebut kepala Badan kesehatan masyarakat Swedia, Soren Andersson.

Bagi mereka yang berusia di atas 18 tahun, pemerintah merekomendasikan tiga dosis vaksin Covid-19. Sedangkan bagi warga berusia 65 tahun ke atas, pemerintah merekomendasikan suntikan dosis vaksin keempat.

Dalam penanganan Covid-19, Swedia menjadi sorotan dunia internasional. Pasalnya, negara skandinavia tersebut menolak untuk menerapkan tindakan kejam ketika negara-negara di seluruh dunia memberlakukan penguncian.

Swedia berhasil sedikit peningkatan jumlah kematian selama musim panas ini dengan tren penurunan kasus yang terus terjadi. Meski sempat mencatatkan angka kematian tinggi pada awal pandemi, negara Nordik itu kini memiliki lebih sedikit kematian per kapita dari rata-rata negara Eropa.

(ameera/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...