Pertemuan untuk Memerangi Asy Syabaab di Hotel Diserang

0

KISMAYO (Arrahmah.id) — Serangan bom dan penembakan terjadi di sebuah pertemuan pemerintah Somalia yang agendanya sedang membicarakan peperangan melawan kelompok militan Asy Syabaab di Hotel Tawakal di kota pelabuhan Kismayo, Somalia, Ahad (23/10/2022). Serangan itu mulai terjadi pada pukul 12.45 dan menewaskan sembilan orang.

Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer Asy Syabaab, mengatakan kelompoknya berada di balik serangan tersebut. Musab menyampaikan serangan mereka menargetkan pejabat wilayah Jubbaland yang sedang berada di hotel.

Dilansir Reuters (24/10), Mohamed Nur, seorang kapten polisi, dan Farah Ali, seorang penjaga toko, mengatakan bahwa serangan itu diawali dengan ledakan di hotel dan kemudian diikuti dengan tembakan. Serangan bom digunakan dengan mobil yang penuh peledak menabrak gerbang hotel.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

“Dalam ledakan itu, sembilan orang termasuk pelajar dan warga sipil tewas dan 47 lainnya luka-luka, beberapa di antaranya serius. Hotel tempat ledakan terjadi di dekat sekolah, sehingga banyak siswa terluka,” kata Menteri Keamanan Jubbaland Yussuf Hussein Dhumal.

Dhumal menyampaikan penyerang yang terdiri dari empat orang sudah berhasil dilumpuhkan, tiga dibunuh pasukan keamanan dan satu lagi tewas dalam ledakan bom mobil.

Farah Mohamed, seorang petugas keamanan dalam keterangannya menerangkan bahwa sebelum serangan terjadi ada sebuah pertemuan diadakan di hotel untuk merencanakan bagaimana memerangi Asy Syabaab. (hanoum/arrahmah.id)

 

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...