Gedung Kementerian Pendidikan Somalia Diserang Bom Mobil, Puluhan Orang Tewas

0

MOGADISHU (Arrahmah.id) — Dua ledakan bom mobil terjadi di Gedung Kementerian Pendidikan di Ibu Kota Somalia, Mogadishu, pada Sabtu (29/10/2022). Peristiwa tersebut menewaskan dan melukai puluhan orang, ujar polisi dan kantor berita SONNA.

Tidak diketahui siapa yang berada di balik ledakan itu, tetapi kelompok militan Asy Syabaab sering kali melakukan pemboman dan serangan senjata di Mogadishu dan di tempat lain di negara tersebut.

“Dua bom mobil menghantam dinding (gedung) kementerian,” kata kapten polisi Nur Farah, dikutip dari VOA (29/10).

Ledakan pertama menghantam gedung kementerian, sedangkan ledakan kedua terjadi ketika ambulans tiba dan orang-orang berkumpul untuk membantu para korban, kata Farah kepada Reuters.

Seorang petugas polisi penjaga gedung kementerian, yang menyebut namanya Hassan, mengatakan kepada Reuters bahwa dia melihat setidaknya 12 mayat dan lebih dari 20 orang terluka akibat aksi teror tersebut.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Kantor berita Somalia, SONNA, mengatakan ledakan itu telah menelan “banyak korban sipil, termasuk jurnalis independen Mohamed Isse Kona.”

Seorang wartawan Reuters yang berada di dekat lokasi ledakan mengatakan dua ledakan itu terjadi dengan jeda beberapa menit saja. Hantaman bom tersebut menghancurkan jendela-jendela di sekitarnya. Darah korban ledakan menutupi aspal di luar gedung, katanya.

“Ledakan kedua membakar ambulans kami saat kami datang untuk mengangkut korban dari ledakan pertama,” kata Abdikadir Abdirahman dari Layanan Ambulans Aamin kepada Reuters.

Seorang pengemudi dan seorang pekerja pertolongan pertama terluka dalam ledakan itu, katanya. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...