Kerusakan baru pada bendungan besar di dekat Kherson terlihat setelah mundurnya Rusia

0

KHERSON (Arrahmah.id) – Kerusakan baru yang signifikan pada bendungan utama Nova Kakhovka di Ukraina selatan dapat terlihat setelah penarikan Rusia dari kota Kherson di dekatnya, kata perusahaan citra satelit AS Maxar, Jumat (11/11/2022).

Maxar mengatakan gambar yang diambil pada Jumat menunjukkan beberapa jembatan yang melintasi sungai Dnipro juga rusak. Pasukan Ukraina disambut oleh penduduk yang gembira di pusat Kherson setelah Rusia meninggalkan kota itu, lansir Reuters (12/11).

“Gambar satelit pagi ini mengungkapkan kerusakan baru yang signifikan pada beberapa jembatan dan bendungan Nova Kakhovka setelah mundurnya Rusia dari Kherson melintasi sungai Dnipro,” kata Maxar dalam sebuah pernyataan.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Dikatakan bagian dari tingkat utara bendungan dan pintu air telah “sengaja dihancurkan”. Awal pekan ini Rusia menuduh Ukraina menembaki bendungan itu.

Kedua belah pihak telah berulang kali menuduh masing-masing berencana untuk membobol bendungan menggunakan bahan peledak, yang akan membanjiri sebagian besar daerah hilir dan kemungkinan akan menyebabkan kerusakan besar di sekitar Kherson.

Itu adalah satu-satunya ibu kota regional yang direbut Rusia sejak pasukannya menginvasi tetangga Ukraina pada akhir Februari. (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...