Erdogan Tiba di Bali untuk KTT G20, Beberapa Jam Setelah Ledakan Istanbul

0

DENPASAR (Arrahmah.id) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba di Bali untuk KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November mendatang.

Erdogan tiba di Bali beberapa jam setelah terjadi ledakan misterius di Istiklal Avenue, distrik bersejarah Beyoglu Istanbul, Turki, pada Ahad (13/11/2022) malam.

Menurut informasi dari situs Indonesia.go.id, Erdogan datang bersama sang istri, Emine Erdogan.

Terlihat portret keduanya saat berjalan keluar pesawat kepresidenan setibanya di Terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Senin (14/11/2022).

Sebelumnya, seperti dilansir AFP, Erdogan menggelar konferensi pers terkait ledakan misterius di Istanbul. Dalam sesi tersebut, ia menyebut ledakan tesebut sebagai ‘serangan keji’ dan ‘berbau seperti terorisme’.

Kedatangan Erdogan di Bali disambut di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali leh Menteri Sekretariat Negara RI Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, dan Gubernur Bali Wayan Koster serta Duta Besar Turki Ahmet Cemil Miroglu.

Selain ibu negara Emine Erdogan, turut mendampingi Presiden Turki pada kedatangannya jelang KTT G20 ini yakni Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Menteri Pertahanan Nasional Hulusi Akar, Harta Karun, dan Menteri Keuangan Nureddin Nebati, Menteri Pertanian dan Kehutanan Vahit Kirisci, Direktur Komunikasi Fahrettin Altun, Juru Bicara Presiden Ibrahim Kalin, Kepala Biro Kepresidenan Industri Pertahanan Ismail Demir dan juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Omer Celik.

Dilansir situs Anadolu Agency,  Erdogan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan tuan rumah (Presiden Joko Widodo/Jokowi) pada hari Senin sebelum KTT G20.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Dalam pertemuan tersebut, hubungan bilateral akan ditinjau, dan langkah-langkah untuk mengembangkan kerja sama lebih lanjut akan dibahas.

Turki dan Indonesia juga akan menandatangani lima perjanjian di berbagai bidang antara lain, industri pertahanan, teknologi, kehutanan, lingkungan, dan pembangunan.

Tema utama KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November ini adalah “Recover Together, Recover Stronger.”

Pada 15 November, Erdogan akan menghadiri sesi pertama tentang ketahanan pangan dan energi dan berbicara kepada semua pemimpin dan kepala delegasi.

Setelah makan siang dengan para pemimpin G20, Erdogan akan menghadiri sesi kedua tentang kesehatan dan akan berbicara kepada para peserta.

Pada hari terakhir KTT, presiden Turki akan mengadakan pertemuan bilateral dan mengadakan konferensi pers.

(ameera/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...