‘Hacker’ Diminta Jadi Sekutu Melawan Teroris dan Cybercrime

Oleh:

|

Kategori:

,

Las Vegas – Para agen federal AS mengulurkan tangan kepada para “hacker” agar membantu melawan kejahatan dan terorisme.

Badan Keamanan Nasional (NSA), Departemen Pertahanan dan Biro Penyelidik Federal (FBI) merupakan pihak petugas intelejen, militer dan kepolisian yang mengirim perwakilan ke DefCon, yaitu pertemuan para hacker internasional yang berlangsung di Las Vegas pada tanggal 3-5 Agustus yang lalu.

Kepala analisa NSA, Tony Sager, saat memberikan ceramah di DefCon, mengatakan lembaganya makin berbagi informasi dengan masyarakat dengan harapan para ahli komputer di manapun berada dapat menjadi sekutu untuk keamanan dunia maya.

“Saya tidak yakin bisa membuat mereka percaya pada saya,” kata Sager kepada AFP.

Sebanyak enam ribu hacker hadir di DefCon dan mereka bergaul hangat dengan para agen federal, namun banyak yang mengatakan bahwa kebebasan pribadi tetap lebih utama dari pada kecemasan atas keamanan masyarakat.

Hacker Roger Dingledine mengatakan: “NSA menghabiskan beberapa dasawarsa untuk mencoba melakukan hal-hal secara sendirian dan gagal.”

“Saya bahagia mereka tersadar bahwa orang lain bisa menolong. Saya berpikir mereka tahu lebih banyak daripada datang dan berkata ‘percayailah kami, kami NSA’.”

Sumber: Antara