Netanyahu Beri Politisi Sayap Kanan Smotrich Kekuasaan Atas Permukiman Tepi Barat

Oleh:

|

Kategori:

Ratusan ribu orang “Israel” tinggal di pemukiman ilegal di tanah Palestina yang mereka curi. [Getty]

YERUSALEM (Arrahmah.id) – Perdana Menteri “Israel” yang akan datang Benjamin Netanyahu dilaporkan telah menyerahkan kekuasaan yang cukup besar kepada politisi partai Zionisme Religius, Bezalel Smotrich untuk menyetujui pembangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki.

Sebagai bagian dari kesepakatan untuk membentuk koalisi pemerintahan, Netanyahu hanya akan terlibat dalam tahap awal proses perencanaan ketika pemerintah memutuskan ukuran dan lokasi permukiman ilegal, Times of Israel melaporkan Jumat (23/12/2022), mengutip radio publik “Israel” Kan.

Saat ini, tanda tangan Perdana Menteri diperlukan untuk setiap tahapan proses.

Di bawah kesepakatan itu, Netanyahu dilaporkan telah setuju untuk menyerahkan wewenang dua badan utama yang mengelola kendali “Israel” atas Tepi Barat – Koordinator Kegiatan di Wilayah dan Administrasi Sipil.

Smotrich, yang berusia 42 tahun, lahir di permukiman Yahudi di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki, dan dibesarkan di Bet El dekat Ramallah.

Pada 2006, ia mendirikan organisasi pro-pemukim Regavim, sebuah badan terkenal di kalangan warga Palestina yang memantau pembangunan di Area C Tepi Barat yang diduduki.

Smotrich telah lama menganjurkan untuk memperluas pemukiman dan mencaplok sebagian besar Tepi Barat yang diduduki, secara resmi mengubah sebagian besar tanah Palestina menjadi wilayah “Israel”.

Dia kemungkinan akan memegang posisi kabinet senior di pemerintahan baru, yang kabarnya akan diumumkan pekan depan atau awal tahun baru.

“Israel” secara legal menganeksasi dan menduduki Tepi Barat dan Yerusalem Timur setelah Perang Enam Hari pada 1967. Sejak itu “Israel” menyetujui dan membangun lusinan permukiman untuk ratusan ribu pemukim “Israel” di tanah Palestina yang dicuri, sebuah langkah yang ilegal menurut hukum internasional. (zarahamala/arrahmah.id)