12 penemuan Muslim yang masih digunakan hingga kini

(Arrahmah.id) – Tanpa Umat Islam, semua yang disebut negara berperadaban tinggi mungkin masih berada dalam masa kegelapan, karena minimnya pengetahuan mereka dalam segala bidang.

Para penemu Muslim sudah menemukan baebagai penemuan yang tak terhitung banyaknya ratusan tahun sebelum Eropa bahkan seluruh dunia. Mereka mengabadikan penemuan-penemuan tersebut dalam banyak buku.

Di antara penemuan-penemuan tersebut masih digunakan hingga kini, baik dalam bidang kedokteran pembedahan, fisika, kimia, astrologi, geometri, dan lain sebagainya.

Berikut dua belas penemuan Muslim yang masih digunakan hingga kini :

1. Bedah Modern

Adalah Abul Qasim Khalaf bin Abbas Az-Zahrawi yang mendaoat julukan ‘Bapak Operasi Bedah Pertama’. Ia lahir pada tahun 936 M di Az-Zahra, Cordoba, Andalusia, Spanyol.

Az-Zahrawi merupakan penemu praktik bedah modern sekaligus orang pertama yang melakukannya. Karya Beliau, “At-Tasrif Liman ‘Ajaz’ An At-Ta’lif” menjadi rujukan populer di perguruan tinggi dunia Barat.

2. Alat Bedah

Selain menjadi ‘Bapak Operasi Bedah Pertama’, Az-Zahrawi juga merupakan orang pertama yang menemukan puluhan peralatan bedah yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada waktu itu, Az-Zahrawi menemukan pisau bedah, sendok bedah, pengait, dan masih banyak lagi. Berbagai temuannya tersebut menjadi landasan pembuatan alat bedah di zaman kini.

3. Universitas

Di balik konsep universitas modern saat ini, terdapat sosok wanita Muslimah kaya dan taat. Beliau adalah Fatimah binti Muhammad Al-Fihri. Ia dilahirkan di Tunisia pada tahun 800 M.

Fatimah Al-Fihri mendirikan Universitas pertama di dunia, yakni Al-Qawariyyin University yang berbentuk masjid di kota Fez, Maroko, pada tahun 857 M.

Sistem Universitas yang dibuat oleh Fatimah Al-Fihri masih digunakan hingga kini di berbagai Universitas yang ada di seluruh dunia.

4. Aljabar dan Algoritma

Tanpa Aljabar dan Algoritma, mungkin tidak akan ada uang, gedung-gedung tinggi, komputer, bahkan internet yang kini digunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia.

Penemu kedua ilmu tersebut adalah Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi yang menulis penemuannya tersebut dalam buku Aljabar wal Muqabalah pada tahun 825 M.

5. Rumah Sakit

Al-Fustat merupakan rumah sakit pertama di dunia yang menyediakan fasilitas terlengkap modern. Ia juga merupakan rumah sakit pertama yang menyediakan perawatan dan ruangan khusus penderita gangguan kejiwaan.

Al-Fustat didirikan di Mesir oleh Ahmad Ibnu Tulun, yang merupakan gubernur Abbasiyah, pada tahun 872 M di Mesir.

6. Jam dan Robot

Jam dan Robot ditemukan oleh Ismail Al-Jazari, yang merupakan seorang ilmuwan Muslim dari Irak dan perancang mekanik. Ia dikenal sebagai ‘Bapak Robotika’ dan juga ‘Bapak Teknik Modern’.

Al-Jazari merupakan orang pertama yang menciptakan robot humanoid yang dapat diprogramkan pada tahun 1206 M.

Beliau juga yang menemukan jam kastil, jam lilin, hingga jam gajah.

Selain itu, Al-Jazari juga menemukan mesin pompa, yang dapat menyedot air dari dalam tanah dengan mudah dan cepat tanpa memakan waktu dan tenaga.

Mesin pompa merupakan penemuan yang sangat bermanfaat pada zaman sekarang ini. Al-Jazari menemukan lima jenis mesin untuk memompa air, di antaranya, watermill dan water whell.

7. Poros Engkol (Kruk As)

Poros Engkol (Kruk As) merupakan cikal bakal mesin-mesin modern, yang ditemukan oleh Al-Jazari pada abad ke-12.

Mesin ini merupakan bagian mesin yang terhubung dengan sistem roda atau batang yang mampu menggerakkan mobil dan motor. 

Penemuan ini dianggap sebagai pencapaian yang luar biasa. Pasalnya, engkol mesin merupakan peralatan mekanis yang penting setelah roda yang menghasilkan gerakan berputar terus-menerus.

Selain poros engkol, Al-Jazari juga menemukan roda gigi, yang merupakan salah satu jenis elemen transmisi paling penting pada suatu pemindahan gerak (terutama putaran).

Roda gigi menjadi salah satu penemuan Al-Jazari yang sampai sekarang dirasakan banyak manfaatnya oleh manusia di dunia, terutama pada dunia industri otomotif.

8. Kamera

Kamera pertama kali ditemukan oleh ‘Bapak Ilmu Optik Modern’ yakni Al-Hasan Ibnu Al-Haitsam yang lahir pada tahun 965 M, jauh sebelum Isaac Newton yang lahir pada 1642 M.

Ibnu Al-Haitsam merupakan penemu prinsip lensa cembung dan cekung. Penemuan Beliau yang menjadi cikal bakal kamera fotografi masa kini adalah kamera obscura.

9. Pesawat

Pesawat terbang merupakan alat transportasi modern yang banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia. Banyak orang yang lebih suka menggunakan pesawat terbang karena efisiensi waktu.

Adalah Ibnu Firnas, seorang ilmuwan Muslim asal Andalusia, yang pertama kali menemukan konsep pesawat terbang, jauh sebelum Wright bersaudara.

Pada tahun 852 M, Ibnu Firnas melakukan uji coba ‘terbang’ dari menara Masjid Mezquita di Cordoba, Andalusia, Spanyol, dengan menggunakan semacam sayap dari jubah yang disangga kayu.

Sayap tersebut mampu membuatnya melayang sebentar di udara dan memperlambatnya jatuh, sehingga berhasil mendarat. Alat ini kemudian dikenal sebagai parasut pertama di dunia.

Pada tahun 857 M, Ibnu Firnas merancang sbeuah mesin terbang. Setelah berhasil, Ibnu Firnas kemudian memanggil orang-orang Cordoba untuk menyaksikan penerbangan bersejarahnya di Jabal A’rus di Rusafa dekat Cordoba.

Penerbangan ini terbilang sangat sukses, meskipun ada sedikit kesalahan sewaktu mendarat.

10. Sistem Pengadilan Juri

Sistem pengadilan juri yang hingga kini masih dijalankan di berbagai pengadilan di dunia, termasuk Amerika, merupakan sistem yang berasal dari yurisprudensi Islam.

Sistem pengadilan juri ini sudah muncul sejak abad ke-8 M oleh Madzhab Imam Malik yang dikenal dengan istilah ‘Laifif’.

Dalam sistem ini menetapkan 12 anggota independen yang harus bersumpah untuk mengatakan yang sebenarnya tentang suatu kasus demi tercapainya sebuah keputusan yang bulat oleh pengadilan.

Kemudian pada ke-12, Henry II dari Inggris juga melembagakan sistem juri dengan 12 orang independen yang bertugas mengungkapkan fakta-fakta kasus dengan karakteristik yang sama dengan sistem ‘Lafif’.

Henry II kemungkinan dipengaruhi oleh Thomas Brown, yang sebelumnya bekerja untuk Kerajaan Sisilia, yang berada di Italia Selatan.

11. Peta Bola Dunia (Globe)

Peta bola dunia (globe) dibuat pertama kali pada tahun 1154 M oleh ‘Bapak Peta dan Geografi Modern’ Muhammad Al-Idrisi, yang lahir pada tahun 1100 M.

Muhammad Al-Idrisi merupakan pakar geografi, kartografi, mesirologi dan pengembara yang tinggal di Sisilia, Italia.

Saat menetap di Sisilia, Al-Idrisi membuat peta yang menampilkan daratan Eurasia secara keseluruhan dan sebagian kecil bagian utara benua Afrika dengan sedikit detail pada Tanduk Afrika dan Asia Tenggara.

Selama tiga abad para pakar geografi menyalin petanya tanpa perubahan. Posisi relatif danau yang membentuk sungai Nil, seperti yang digambarkan dalam karyanya, tidak banyak berbeda dari yang dibuat Baker dan Satnley lebih dari tujuh ratus tahun kemudian, begitu pula bilangannya sama.

12. Kimia

Kimia pertama kali ditemukan pada abad ke-8 M oleh Jabir bin Hayyan yang mendapat julukan ‘Bapak Kimia Modern’. Ia juga dianggap sebagai pendiri dan pelopor farmakologi dan kimia modern.

Sebagian besar orang Eropa mengenal Jabir bin Hayyan dengan nama Geber. Berkat temuannya, ilmu kimia bisa berkembang pesat seperti sekarang.

Jabir bin Hayyan berhasil menemukan sebagian alat kimia dan mencampurkannya dengan peralatan lain. Seperti logam dan kaca.

Ia juga berhasil memadukan asam hidrolik atau senyawa garam dengan asam netrik. Perpaduan ini kemudian dikenal dengan air emas atau air raksa karena kemampuannya dalam mencairkan emas.

Jabir bin Hayyan juag mampu memadukan soda yang dibakar atau hidroksida sodium dan kalsium oksida. Soda yang dibakar ini adalah bahan utama dalam pencampuran bahan kimia.

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Saksikan Video Terbaru Arrahmah, Ghazwatul Hind