PBB kaji rencana pembangunan kanal antara "Israel"-Mesir, alternatif Suez

0 136

DEN HAAG (Arrahmah.com) – Pejabat PBB sedang meninjau rencana untuk membangun kanal baru di sepanjang perbatasan Mesir-“Israel” menyusul penyumbatan selama seminggu yang disebabkan oleh kapal kargo Ever Given, Guardian telah melaporkan, dikutip MEMO, Kamis (1/4/2021).

Ratusan kapal terjebak dalam kemacetan di Terusan Suez setelah kapal Panama, Ever Given, kandas pada Selasa pekan lalu.

Pakaian, hewan hidup, dan APD semuanya terjebak dalam penundaan besar sementara pihak berwenang bekerja untuk membebaskan kapal, yang berukuran empat lapangan sepak bola.

Terusan baru, ‘Suez 2’, akan ditujukan ke Teluk Aqaba di Laut Merah dan membutuhkan waktu lima tahun untuk membangunnya.

Inggris telah menyatakan siap untuk mengambil peran utama dan bahwa Kementerian Luar Negeri mengetahui rencana tersebut, yang diawasi oleh komite PBB untuk Trade Routes Uniting Economies.

Rute melalui Irak dan Suriah dianggap berbahaya sementara alternatif lain adalah menghubungkan Sungai Nil ke Laut Merah.

Terusan Suez adalah rute terpendek antara Eropa dan Asia yang dilalui perdagangan senilai $ 9,6 miliar setiap harinya.

Namun, karena Ever Given terjebak di jalur air botol, perdagangan global hampir terhenti dan negara-negara lain telah mengajukan saran untuk rute alternatif.

Awal pekan ini, Duta Besar Iran untuk Rusia, Kazem Jalali, mengusulkan jalur pelayaran melewati Iran.

Menurut Anadolu, Iran selama bertahun-tahun telah mempromosikan koridor perdagangan utara-selatan yang menghubungkan India ke Rusia dan melewati Iran sebagai alternatif yang lebih layak untuk Terusan Suez. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah