Ankara kecam tuduhan Liga Arab atas intervensi Turki di wilayah Arab

0 257

ANKARA (Arrahmah.com) – Turki mengecam pernyataan Liga Arab yang mengatakan bahwa Ankara ikut campur dalam urusan regional. Tuduhan itu merupakan pukulan bagi upaya rekonsiliasi baru-baru ini antara Turki dan anggota organisasi tersebut, seperti dilansir Anadolu pada Senin (13/9/2021).

Pernyataan Liga Arab itu disampaikan dalam sesi reguler para menteri luar negeri Arab pada Kamis pekan lalu, di mana mereka mengkritik intervensi militer Turki dan kehadirannya di negara-negara seperti Suriah dan Libya. Mereka juga mengutuk Ankara karena diduga “menampung kelompok-kelompok ekstremis” dan memberi mereka perlindungan.

Liga Arab meminta Turki untuk menarik semua pasukan militernya dari wilayah tersebut dan untuk “berhenti mendukung organisasi dan milisi ekstremis.” Meskipun tidak ditentukan organisasi dan milisi mana yang dirujuk oleh pernyataan itu, kemungkinan itu merujuk pada dukungan Ankara untuk kelompok oposisi Suriah yang telah memerangi rezim Bashar Al-Assad selama dekade terakhir.

Kementerian luar negeri Turki membalas dengan mengatakan bahwa, “Kelanjutan dari beberapa anggota Liga Arab untuk membuat tuduhan klise terhadap Turki untuk menyembunyikan ambisi dan agenda mereka tidak bernilai bagi orang-orang Arab yang ramah dan bersaudara.”

Kementerian menuduh kelompok payung tidak mencerminkan “langkah positif” yang diambil dalam beberapa bulan terakhir, seperti yang terlihat dalam upaya rekonsiliasi dan pembicaraan antara Turki dan negara-negara Arab seperti Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA).

Kementerian itu selanjutnya menekankan tujuan Ankara untuk “melakukan segala upaya untuk menjaga kedaulatan, integritas teritorial, dan kemerdekaan negara-negara Arab.” Ia juga menyatakan bahwa operasi militernya di wilayah itu sah karena penahanan mereka terhadap kelompok milisi Kurdi dan dukungan mereka untuk pemerintah Libya, menambahkan bahwa mengkritik pelestarian keamanan nasional Turki adalah “tidak dapat diterima dan tidak berarti.”

Tahun lalu, Liga Arab membuat pernyataan serupa yang menuduh Turki ikut campur di kawasan itu, tetapi empat negara Arab khususnya – Qatar, Libya, Somalia, dan Djibouti – menyatakan keberatan mereka tentang klaim tersebut. (Althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya