YPG tembaki kota Turki, bunuh dua petugas polisi

0

AZAZ (Arrahmah.com) – Milisi Kurdi Suriah dari Unit Perlindungan Rakyat (YPG) menyerang kota terdekat Turki dengan penembakan lintas batas, menewaskan dua petugas polisi Turki dan melukai dua lainnya.

Dalam serangan dari kota Azaz di Suriah utara, YPG dilaporkan menembakkan lima tembakan artileri ke arah kota Karkamis di provinsi Gaziantep, di sisi perbatasan Turki, lansir MEMO (11/10/2021).

Menurut Kantor Berita Ihlas Turki (IHA), dua peluru menghantam daerah pabean, satu mendarat di atap rumah, satu jatuh di dekat kompleks militer dan yang terakhir jatuh di sebuah taman yang terletak di pusat kota.

Akibat penembakan itu, seorang petugas polisi langsung tewas dan tiga lainnya terluka, dengan salah satu dari mereka kemudian meninggal karena luka-lukanya.

Setelah serangan itu, pasukan keamanan Turki dilaporkan telah membalas posisi YPG “sesuai dengan aturan.”

Selama bertahun-tahun konflik Suriah yang berlangsung selama satu dekade, milisi Kurdi di Suriah, seperti YPG dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF), telah menjadi perhatian utama Turki, yang menganggap mereka sebagai cabang Suriah dari organisasi teroris yang dilarang di Turki, Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Kehadiran milisi tersebut di wilayah perbatasan telah membuat Ankara melakukan tiga operasi militer besar ke Suriah utara—’Perisai Eufrat’ pada 2016, ‘Cabang Zaitun’ pada 2018 dan ‘Perisai Musim Semi’ pada 2020—untuk membersihkan kelompok-kelompok itu dari wilayah tersebut, dan melindungi keamanan nasional Turki.

Selama bertahun-tahun, penembakan lintas batas yang tidak disengaja ke Turki selama konflik juga telah menjadi kejadian biasa. Meskipun Azaz berada di bawah kendali oposisi Suriah yang didukung Turki, dilaporkan ada elemen YPG yang tersisa di kota dan daerah sekitarnya.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah