8 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

347

(Arrahmah.com) – Semangka adalah salah satu buah yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya menyimpan banyak manfaat, semangka juga merupakan salah satu buah yang enak saat dikonsumsi.

Tidak heran semangka menjadi salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang karena kelezatannya.

Semangka juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit loh. Selain itu, buah yang manis dan segar tersebut mengandung banyak nutrisi di antaranya seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, magnesium, kalium dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa manfaat semangka yang dirangkum dari Healthline, di antaranya:

(1). Mencegah Dehidrasi

Manfaat semangka yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal tersebut dikarenakan semangka mengandung banyak air, bahkan 92% semangka terdiri dari cairan.

(2). Mencegah Kanker

Semangka juga mempunyai manfaat dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Beberapa senyawa dalam semanga termasuk likopen dan cucurbitacin E, memiliki kemungkinan efek antikanker.

(3). Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka dipercaya mempunyai manfaat dapat mendukung kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Hal tersebut yang menjadi alasan semangka mampu meningkatkan kesehatan jantung.

(4). Meredakan Peradangan

Manfaat semangka bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu meredakan peradangan. Kombinasi antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

(5). Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat semangka selanjutnya dipercaya baik untuk kesehatan mata. Senyawa likopen semangka mungkin memiliki manfaat untuk mata Anda sehingga dapat terhindar dari penyakit mata salah satunya, denegerasi makula.

Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

(6). Meredakan Nyeri Otot

Semangka juga mempunyai manfaat dapat membantu meredakan nyeri otot. Pasalnya, asam amino yang ditemukan dalam semangka, dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot.

(7). Menjaga Kesehatan Kulit

Rasanya semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan semangka mempunyai manfaat yanh mampu menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin A dan C dalam semangka penting bagi kulit. Selain itu, semangka juga mampu membuat kulit lebih kenyal sehingga terhindar dari penuaan.

(8). Meningkatkan Pencernaan

Meningkatkan sistem pencernaan adalah manfaat semangka yang terakhir. Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, yang keduanya diperlukan untuk pencernaan yang sehat.

Serat membantu menjaga usus Anda tetap teratur, sementara air memindahkan limbah melalui saluran pencernaan Anda dengan lebih efisien.

Sumber: Kontan

(*/Arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah