Arab Saudi Jebloskan Blogger ke Tahanan

Oleh:

|

Kategori:

Riyadh (armnews) – Fouad al-Farhan (32) menjadi blogger pertama yang digelandang aparat Arab Saudi gara-gara menulis tentang masalah politik di dunia maya. Penangkapannya dikonfirmasi langsung oleh Menteri Dalam Negeri Arab Saudi.

Penahanan Farhan ini mengejutkan para pengguna internet di Arab Saudi, khususnya para blogger yang jumlahnya mencapai sekitar 600 orang. Mereka tak mengira penahanan blogger akhirnya akan terjadi di negaranya, seperti halnya di negara tetangga seperti Bahrain, Kuwait atau Mesir.

Kementrian Dalam Negeri Arab Saudi hanya menyatakan Farhan ditahan untuk diinterogasi atas pelanggaran peraturan. Namun dalam suratnya yang ditulis sebelum ditahan, Farhan mengungkapkan penahanannya disebabkan karena ia menulis tentang tahanan politik negeri itu yang ditangkap secara semena-mena dengan alasan terorisme.

Farhan sebelumnya diminta untuk meminta maaf soal tulisannya itu. Namun ia menolaknya sehingga kebebasannya direnggut dan harus dijebloskan ke tahanan, blog Farhan yang membahas tentang masalah sosial itu termasuk yang situs yang paling banyak dibaca di Arab Saudi. Di Arab Saudi sendiri, penahanan Farhan yang punya blog di www.alfarhan.org juga diprotes para blogger setempat.(md/arrahmah.com)