Bangladesh Berubah jadi Argentina, Warga Dhaka Rayakan Kemenangan Messi dkk

Oleh:

|

Kategori:

Warga Bangladesh rayakan kemenangan Argentina di final Piala Dunia 2022. [Foto : AFP]

DHAKA (Arrahmah.id) — Selepas kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022, ratusan ribu penggemar Argentina di Bangladesh merayakan kemenangan tim yang dikomandoi Lionel Messi. Mereka dengan lantang meneriakkan nama Messi berulang kali sebagai penghormatan sang legenda Argentina itu.

“Saya tidak tahu mengapa saya menangis, tetapi saya menangis untuknya (Lionel Messi),” kata Nafiun Rahman Zian, seorang penggemar Messi berusia 18 tahun, dilansir dari Buenos Aires Times (19/12/2022).

“Penantian bertahun-tahun berakhir untuk melihat cinta dalam hidup saya, litte magician (Messi), memegang trofi paling bergengsi yang sangat dia dambakan,” sambungnya.

Bangladesh memang dikenal sebagai negara yang kurang maju dalam sepak bola. Namun, kecintaan mereka terhadap Lionel Messi dan Timnas Argentina tak terbantahkan. Mereka hampir selalu mengadakan nonton bareng di setiap laga Timnas Argentina.

“(Lionel) Messi telah membuktikan bahwa dia adalah pemain terhebat di dunia. Dia bahkan lebih hebat dari Diego Maradona atau rivalnya Cristiano Ronaldo. Perdebatan sudah selesai,” ujar Mohammad Hasan, penggemar Messi dan Argentina dari Bangladesh.

Dukungan warga Bangladesh bukan tanpa sebab. Semua diawali dari rasa keterjajahan yang sama.

Meski Bangladesh sudah merdeka, pengaruh Inggris masih dipertahankan di negara itu hingga tahun 1980-an. Kekalahan Inggris dari Argentina di Piala Dunia 1986 yang digelar di Meksiko mengubah pandangan penduduk Bangladesh terkait sepak bola. Mereka kagum lantaran negara di luar Eropa bisa mengalahkan Inggris. (hanoum/arrahmah.id)