CIA dan FBI “Invasi” Situs Wikipedia

Oleh:

|

Kategori:

,

Ternyata bukan hanya badan intelejen luar negeri AS, CIA saja yang meng”invasi” situs ensiklopedia online Wikipedia, tapi juga badan intelejen dalam negeri AS, FBI. CIA dan FBI menginvasi Wikipedia dengan cara mengedit topik-topik yang berkaitan dengan kejahatan AS, termasuk topik-topik tentang perang di Irak dan tentang kamp penjara Guantanamo yang terkenal dengan kekejamannya.

Sebelumnya, Wikipedia menemukan indikasi bahwa CIA juga sengaja mengedit profil Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad, yang selama ini dikenal sangat vokal mengkritik AS. Si pelaku yang diketahui menggunakan komputer milik jaringan CIA menambahkan kata “Wahhhhhhh!” di halaman Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad.

Perbuatan badan intelejen AS itu tercium oleh sebuah program komputer bernama WikiScanner. Kantor berita Reuters melaporkan, program tersebut menemukan bahwa komputer-komputer dari jaringan komputer CIA digunakan untuk mengubah isi materi-materi informasi tahun 2003 tentang invasi AS ke Irak.

Di antara materi yang diubah oleh CIA adalah grafik tentang jumlah korban perang AS di Irak, yang diganti dengan kalimat “diperkirakan banyak orang yang menjadi korban dan berasal dari berbagai lapisan masyarakat. ”

WikiScanner bisa melacak siapa yang mengubah materi dalam ensiklopedia online itu melalui apa yang disebut sebagai Internet Protocol (IP) address pengguna.

Pembuat program WikiScanner Virgil Griffith mengatakan, meski sudah diketahui komputer yang digunakan berasal dari jaringan komputer CIA, belum bisa dipastikan apakah orang yang melakukannya adalah para pegawai atau agen-agen CIA.

Eksiklopedia online ini memang memberi keleluasaan bagi siapa saja yang mengakses situs ini untuk memasukkan data atau mengeditnya. Meski demikian, Wikipedia tetap memantau perubahan-perubahan data terjadi.

Wikipedia bahkan bisa melacak orang yang mengedit melalui informasi sidik jari orang yang bersangkutan, termasuk darimana asal komputer yang digunakan untuk mengedit isi wikipedia.

Selain CIA, WikiScanner juga berhasil melacak bahwa komputer dari jaringan komputer FBI telah menghapus gambar-gambar tentang penjara Guantanamo, yang berasal dari foro udara dan satelit.

Menanggapi hasil temuan itu, juru bicara CIA George Little mengaku tidak tahu bahwa komputer-komputer CIA telah digunakan untuk mengedit sejumlah materi yang ada dalam Wikipedia. Sementara FBI, belum mau memberikan tanggapannya. (ln/iol)