Ditekan Barat, Iran Justru Sukses Uji Pesawat Tempur

Oleh:

|

Kategori:

Iran – kemarin dikabarkan telah berhasil mengujicoba pesawat tempur produksi dalam negeri terbarunya. Kantor Berita Fars di Iran melaporkan, pesawat tempur jenis Azarakhsh itu sukses melewati penerbangan ujicoba perdananya.

Menurut keterangan seorang pejabat tinggi militer Iran yang tidak ingin namanya dipublikasikan, ujicoba pesawat tempur tersebut disaksikan langsung oleh para pejabat tinggi militer Iran termasuk Menhan Jenderal Mustafa Najjar.

Sebelumnya. Najjar menyatakan bahwa pesawat tersebut akan diikutkan dalam manuver militer mendatang. Azarakhsh adalah pesawat tempur produksi Iran kedua setelah Saeqeh.

Segera Mengudara

Sementara itu, Menteri Pertahanan Iran memberitakan bahwa pesawat tempur Iran jenis Azarakhsy akan terbang pula dalam waktu dekat.

Jenderal Musthafa Muhammad Najjar, hari ini Senin, membernarkan berita yang mengatakan kesuksesan uji coba penerbangan pesawat tempur Azarakhsy, dan produksi dalam skala besar pesawat tempur ini.

Musthafa juga mengumumkan bahwa generasi kedua pesawat tempur ini akan mengudara pula dalam waktu dua bulan mendatang. Beliau menambahkanbahwa pesawat ini dari jenis pesawat-pesawat pemburu, tanpa awak dan kamikaze.

Muhammad Najjar juga menyinggung kemampuan Iran dalam merancang dan memproduksi berbagai jenis helikopter, sekaligus memberitakan bahwa pasukan Angkatan Bersenjata Iran telah berhasil menguasai teknologi ini dengan sempurna.

Menhan Iran mengatakan bahwa pemenuhan dan pelengkapan industri dirgantara, elektronik, produksi berbagai jenis roket jarak jauh dengan bermacam fungsi, demikianpula berbagai jenis roket Cruz laut, penagkis serangan udara, roket anti roket, dan roket-roket dengan daya jelajah hingga 2000 kilometer, termasuk diantara hasil-hasil yang telah dicapai oleh Departemen Pertahanan.

Muhammad Najjar menambahkan bahwa produksi berbagai pesawat tempur tanpa awak, senjata-senjata ringan dan berat, berbagai macam kapal perang dengan fasilitas peluncur roket, kapal-kapal selam dengan berbagai tingkat dan ukuran, meriam-meriam laut, tank dan berbagai peralatan pelengkapnya, adalah hasil-hasil lain karya Departemen Pertahanan Iran.

Sumber: Hidayatullah