Jalur Gaza Hingga Afrika Sambut Kemenangan Maroko, Bendera Palestina Berkibar Dimana-mana

Oleh:

|

Kategori:

DOHA (Arrrahmah.id) — Kemenangan Maroko atas Portugal dan lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022, Sabtu (10/12/2022), disambut suka cita masyarakat Palestina di Jalur Gaza hingga ke Afrika.
Dilansir Al Jazeera (11/12), pesta kegembiraan pecah di Jalur Gaza seusai kemenangan Maroko tersebut. Masyarakat Palestina sangat gembira dengan kemenangan ini karena bendera Palestina selalu dibawa Maroko.
Beberapa pemain Maroko mengibarkan bendera Palestina saat perayaan kemenangan atas Portugal. Sebagai negara yang saat ini masih dalam penindasan Israel, ini dianggap sebagai sebuah penghormatan.

Mereka berteriak, mereka bertepuk tangan, mereka menabuh genderang, mereka bernyanyi. Setelah peluit akhir, ribuan orang turun ke jalan untuk memulai perayaan mereka,” tulis Al Jazeera.

“Mereka menunjukkan dukungan, kegembiraan dan kebahagiaan untuk Maroko. Lusinan penggemar yang kami ajak bicara malam ini memberi tahu kami betapa pentingnya pertandingan ini bagi mereka.”

Berkat kemenangan 1-0 atas Portugal, Maroko menjadi negara pertama asal Afrika yang lolos ke babak semifinal. Sebelumnya prestasi terbaik negara-negara Afrika adalah menembus babak delapan besar.

Tak hanya itu, pencapaian Maroko ini dianggap sebagai prestasi negara muslim. Ini adalah kali pertama negara dengan mayoritas penduduknya muslim menembus semifinal Piala Dunia.

“Kami bergembira ketika orang-orang Arab bergembira, ini adalah kemenangan bersejarah,” tulis Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh melalui Twitter.

Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, Penguasa Dubai Mohammed bin Rashed, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Perdana Menteri Libya Abdulhamid al-Dbeibah, hingga Putra Mahkota Yordania Hussein juga memberikan selamat kepada timnas Maroko.

Pada babak semifinal Piala Dunia 2022, Maroko akan bentrok dengan Prancis. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor pada Rabu (14/12) malam waktu Qatar atau Kamis (15/12) dini hari WIB. (hanoum/arrahmah.id)