Membaca Berita Terkini via RSS Reader

Oleh:

|

Kategori:

Pernahkan anda kerepotan harus membuka beberapa window browser untuk mengunjungi beberapa situs berita untuk melihat berita terkini, harga produk terkini dan lain-lain? Atau pernahkah anda langganan berita via email dimana anda tiap hari harus terima email begitu banyaknya sehingga memusingkan anda dalam membacanya? Kini masalah tersebut bisa diatasi dimana anda bisa membaca berita terkini dari berbagai website dengan menggunakan teknologi yang disebut RSS (Really Simpe Syndication).

RSS adalah suatu aplikasi XML (Extensible Markup Language) yang terdapat pada website penyedia informasi/berita. Aplikasi ini disediakan oleh website berita tersebut agar nantinya aplikasi itu bisa di download oleh para pengguna. Pengguna dapat membaca RSS tersebut melalui software yang disebut RSS Reader. Software ini mampu mengumpulkan berita dari berbagai website yang telah menyediakan RSS-nya. Pengguna cukup memasukan URL dari masing-masing RSS tersebut dan otomatis akan didownload oleh software tersebut. Uniknya adalah anda membaca berita-berita tersebut dalam bentuk ringkasan dan tidak akan disuguhi berita sampai sedetailnya, sehingga anda bisa pilih berita-berita favorit saja untuk kemudian dilihat detailnya.

Beberapa program RSS reader diantaranya adalah awasu (awasu.com), FeedDemon (bradsoft.com), NewsGator (newsgator.com) dll. Anda bisa mendapatkan program tersebut dari yang gratis hingga yang harus membeli. Namun demikian hingga saat ini anda hanya bisa membaca berita dalam bahasa Inggris karena belum ada situs berita di Indonesia yang menyediakan RSS-nya.

Sumber: Indocommit