Pejabat Turki dan Suriah bertemu di Rusia

Oleh:

|

Kategori:

(Foto: Internet)

MOSKOW (Arrahmah.id) – Menteri pertahanan dan kepala intelijen Turki bertemu dengan rekan-rekan Suriah mereka di Moskow pada Rabu (28/12/2022) sebagai tanda yang jelas normalisasi antara Ankara dan Damaskus dalam perang Suriah selama satu dekade.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar dan kepala Organisasi Intelijen Nasional (MIT), Hakan Fidan, bertemu dengan Menteri Pertahanan Suriah Ali Mahmoud Abbas dan kepala intelijen Suriah Ali Mamlouk di Moskow bersama dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, kata kementerian pertahanan Turki, lansir Reuters.

“Krisis Suriah, masalah pengungsi dan upaya perang bersama melawan semua organisasi teror di tanah Suriah dibahas dalam pertemuan konstruktif,” kata pernyataan kementerian tersebut.

Pihak Turki, Rusia, dan Suriah sepakat untuk melanjutkan pertemuan trilateral, tambah pernyataan itu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bulan ini mengumumkan bahwa dia mengusulkan kepada mitranya dari Rusia Vladimir Putin untuk membentuk mekanisme trilateral dengan Rusia dan Suriah untuk mempercepat diplomasi antara Ankara dan Damaskus. Dia juga mengatakan ingin bertemu dengan pemimpin rezim Suriah Bashar Asad.

Setelah serangan bom mematikan di Istanbul bulan lalu, Erdogan mengatakan Turki akan melakukan operasi darat ke Suriah utara dengan sasaran yang terkait dengan milisi YPG, yang menurut Ankara adalah sayap dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.  (haninmazaya/arrahmah.id)