Politisi BJP Sebut India Seharusnya Menolak Orang Rohingnya dan Bangladesh

Oleh:

|

Kategori:

Aktor kawakan India sekaligus politisi partai Hindu radikal Bharata Jannati Party (BJP), Paresh Rawal. [Foto : NDTV]

GUJARAT (Arrahmah.id) — Aktor kawakan India sekaligus politisi partai Hindu radikal Bharata Jannati Party (BJP), Paresh Rawal, telah menimbulkan kontroversi besar dengan komentar viralnya tentang orang Bangladesh dan Rohingya saat berkampanye di Gujarat.

Pada kampaye itu, seperti dilansir NDTV (2/12/2022), dia mengatakan orang-orang Gujarat India akan mentolerir inflasi tetapi seharusnya tidak mentolerir bila ada orang Bangladesh dan Rohingya di sebelahnya. Dia

“Tabung gas memang mahal, tapi harganya nanti akan turun. Orang-orang juga nanti akan mendapatkan pekerjaan. Tapi apa yang akan terjadi jika migran Rohingya dan orang Bangladesh mulai tinggal di sekitar Anda, seperti di Delhi? Apa yang akan Anda lakukan dengan tabung gas? Memasak ikan untuk orang Bangladeh?” teriak Paresh Rawal pada hari Selasa (29/11) di Valsad ketika kampanye tahap pertama pemilu Gujarat.

Setelah ucapannya itu menyebabkan kemarahan sejumlah pihak, Paresh Rawal kemudian menuliskan permintaan maaf namun akhirnya memperparah perselisihan dengan mengklaim bahwa yang dia maksud adalah “warga Bangladesh dan Rohingya ilegal”. (hanoum/arrahmah,id)