Warga Palestina di Israel Protes Pengusiran dari Jaffa

Oleh:

|

Kategori:

Jaffa saat ini menjadi rumah bagi sekitar 15.000 warga Palestina Israel. [Getty]

TEL AVIV (Arrahmah.id) – Warga Palestina di “Israel” berkumpul di kota Jaffa di selatan Tel Aviv pada Sabtu (26/11/2022) untuk memprotes rencana “Israel” mengusir 1.400 penduduk Palestina dari kota itu, kantor berita resmi Otoritas Palestina, Wafa melaporkan.

Otoritas “Israel” berusaha untuk mengusir warga Palestina dari rumah mereka di bawah Undang-Undang Properti Absen 1950, yang telah digunakan untuk membersihkan daerah secara etnis untuk memberi jalan bagi pemukim “Israel”.

“Properti yang hilang untuk penduduk asli, bukan untuk investor” dan “mencabut penduduk dan Yahudisasi kota adalah bom waktu”, bunyi plakat yang dipegang oleh para pengunjuk rasa.

Para demonstran menyerukan warga Palestina “Israel” – yang merupakan sekitar 20 persen dari populasi negara itu – untuk menentang rencana “Israel”. Protes telah berlangsung setiap minggu, menurut Wafa.

Jaffa saat ini menjadi rumah bagi sekitar 15.000 warga Palestina, penurunan tajam dari periode pra-Nakba. Milisi Zionis mengusir lebih dari 700.000 warga Palestina dari tanah air mereka pada tahun 1948, membuka jalan bagi pembentukan negara “Israel”.

Warga Palestina yang tetap tinggal dan menjadi warga negara “Israel” telah mengalami diskriminasi dan kekerasan institusional yang telah berlangsung lama.

Serangan terhadap komunitas meningkat pada 2021, ketika mereka melakukan pemberontakan yang jarang terjadi dalam solidaritas dengan warga Palestina yang tinggal di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki. (zarahamala/arrahmah.id)