HTS – Militer Suriah Bentrok di Gunung Zawiya

Oleh:

|

Kategori:

Anggota HTS sedang mempersiapkan diri dalam pertempuran. [Foto : Islamic World News]

IDLIB (Arrahmah.id) — Bentrokan sengit terjadi pada Rabu (18/1/2023) di Gunung Zawiya di selatan Idlib antara militer Suriah dengan kelompok perlawanan Suriah Hai’ah Tahrir asy Syam (HTS). Kedua pihak saling bertukar tembakan artileri yang intens saat keduanya memperkuat posisi mereka di wilayah tersebut.

Dilansir North Press Agency (19/1), sumber-sumber militer di Ruang Operasi al-Fateh al-Mubin mengatakan kepada North Press bahwa HTS memprakarsai “operasi kualitatif melawan posisi rezim Suriah” di dekat kota Kafer Nabl di selatan Idlib.

Sumber mengatakan bahwa bala bantuan pemerintah yang “luar biasa” maju ke jalur kontak dekat Saraqeb, Ma’rat al-Nu’man, Kafer Nabl, dan Khan Assubul, selatan dan timur Idlib.

Bala bantuan tambahan mencapai Pangkalan 46 dan kota Mizanaz dan Qabtan al-Jabal, sebelah barat Aleppo.

Dalam waktu 24 jam, sekelompok tentara dari Divisi 25 dan Korps Kelima yang didukung Rusia tiba di wilayah tersebut. Bala bantuan termasuk sekitar 70 kendaraan militer, seperti tank dan artileri berat, selain puluhan tentara.

Sumber-sumber yang dekat dengan HTS mengkonfirmasi bahwa yang terakhir juga mengirim bala bantuan militer ke semua jalur kontak yang dibagikannya dengan pasukan pemerintah, memasang tanggul, menggali parit, dan mengerahkan artileri berat dan tank.

Pengiriman bala bantuan bertepatan dengan eskalasi militer umum dan infiltrasi hampir setiap hari yang terjadi di wilayah tersebut sejak awal 2023 meskipun Idlib telah diatur oleh perjanjian de-eskalasi yang ditandatangani antara Rusia dan Turki sejak Maret 2020. (hanoum/arrahmah.id)

 

 

Komentar