Panglima militer Aljazair kunjungi Prancis untuk pertama kalinya sejak 17 tahun

Oleh:

|

Kategori:

(Foto: Anadolu)

PARIS (Arrahmah.id) – Panglima Angkatan Darat Aljazair, Jenderal Said Chengriha, melakukan kunjungan resmi ke Prancis pada Senin (23/1/2023) untuk pertama kalinya dalam 17 tahun, menurut Kementerian Pertahanan, kantor berita Anadolu melaporkan.

Menurut pernyataan Kementerian, Chengriha telah menerima undangan dari timpalannya dari Prancis, Thierry Burkhard.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara tentara Aljazair dan Prancis serta membahas masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama, kata pernyataan tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang durasi kunjungan.

Menurut media Prancis, kunjungan Panglima Angkatan Darat itu sebagai persiapan kunjungan Presiden Abdelmadjid Tebboune ke Prancis yang dijadwalkan Mei mendatang.

Kunjungan Tebboune akan menjadi yang pertama sejak dia berkuasa pada Desember 2019.

Pemerintahan Tebboune mulai berkuasa saat hubungan Prancis-Aljazair dalam keadaan tegang.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengunjungi Aljazair Agustus lalu untuk meredakan ketegangan dalam hubungan dengan Aljazair. Kunjungan tersebut diakhiri dengan pernyataan bersama tentang serangkaian kesepakatan terkait masa lalu kolonialisme Prancis di Aljazair, keamanan, pertahanan, kebijakan luar negeri, dan kerja sama ekonomi  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar