Pasukan SDF Lawan Perdagangan Narkoba Rezim Assad Di Suriah Barat Laut

Oleh:

|

Kategori:

Perdagangan di captagon saat ini menjadi industri senilai $10 miliar di seluruh Suriah. [Getty images]

DAMASKUS (Arrahmah.id) – Unit anti-narkoba Pasukan Demokrat Suriah (SDF) telah menewaskan satu orang dan terluka dalam operasi untuk mengekang penjualan narkoba yang meledak di Suriah utara yang menurut kelompok oposisi dipicu oleh rezim Assad.

Dua pria dikejar setelah menolak penangkapan di luar masjid lokal di al-Kasra, dekat Deir Ezzor pada Rabu (21/12/2022).

Baku tembak terjadi, di mana salah satu pria tewas dan yang lainnya terluka parah.

Pria yang terluka itu adalah mantan pemimpin dewan militer Deir Ezzor dan diketahui bekerja dalam perdagangan narkoba, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

SDF telah membentuk unit militer khusus untuk menangani peningkatan perdagangan narkoba lintas garis kontrol dengan rezim Assad, yang terus meningkat sepanjang 2022.

Unit baru tersebut telah mencoba mendapatkan pijakan dalam perjuangan melawan perdagangan narkoba di wilayah yang dikuasai SDF melalui kampanye penangkapan pada Desember.

Beberapa rumah di wilayah Deir Ezzor telah diserbu dan setidaknya tiga orang ditangkap.

Tokoh oposisi mengatakan perdagangan narkoba di daerah yang dibebaskan sedang dipromosikan dan difasilitasi oleh milisi yang setia kepada rezim Assad di Damaskus.

“Rezim Assad telah memperluas repertoar kriminalnya untuk memasukkan produksi dan distribusi narkoba – di seluruh Suriah dan sekitarnya. Ini mulai mendapat perhatian internasional,” kata Abdulrahman Mustafa, kepala pemerintah sementara Suriah, dalam sebuah pernyataan.

“Di seluruh wilayah yang dibebaskan, kita harus bekerja sama untuk memerangi fenomena berbahaya ini. Ini adalah senjata baru di tangan rezim, yang ditujukan untuk menyerang jantung revolusi Suriah.”

Suriah yang dilanda perang telah menjadi tempat produksi utama kawasan itu untuk perdagangan multi-miliar dolar yang juga ditujukan ke Irak dan Eropa. Rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menyangkal keterlibatan dalam pembuatan dan penyelundupan narkoba. (zarahamala/arrahmah.id)