Sambut Ramadhan, IPMI Launching Gerakan Khatam Qur’an Serentak di Berbagai Sekolah

Oleh:

|

Kategori:

(Foto: Istimewa)

(Arrahmah.id) – Menjelang bulan suci Ramadhan, Ikatan Pelajar Muslimah Indonesia (IPMI) melaksanakan agenda launching #gerakankhatamquran secara serentak pada Jum’at (13/1/2023) yang tersebar di 2 IPMI Wilayah dan 28 IPMI Daerah.

Gerakan tersebut merupakan rangkaian menuju kegiatan Kajian Eksklusif Muslimah Menyambut Ramadhan (KEMAH) Ramadhan yang rencananya digelar pada Februari mendatang.

Melalui pesan singkat, Iffah Karimah selaku Penanggung Jawab dalam keterangannya mengatakan bahwa IPMI ingin memfasilitasi pelajar muslimah untuk bisa lebih baik dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan, salah satunya dengan memaksimalkan ibadah tilawah Al-Qur’an.

“Kami (IPMI) ingin membuka kesempatan dan ruang lebih luas kepada teman-teman pelajar muslimah agar bisa beribadah lebih baik dan istiqamah dari tahun-tahun sebelumnya khususnya pada ibadah tilawah Al-Qur’an,” ungkapnya

Iffah menambahkan bahwa Gerakan Khatam Qur’an ini untuk melatih peserta mempersiapkan diri sebelum Ramadhan dengan target khatam tilawah Al-Qur’an selama sebulan.

“#gerakankhatamquran ini untuk melatih dan menyiapkan diri 1-2 bulan sebelum ramadhan, dengan target teman-teman pelajar muslimah bisa khatam tilawah Al-Qur’an dalam 1 bulan insyaAllah,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Ketua IPMI Pusat, drg. Nurul Fitri, MARS turut menyampaikan harapannya agar gerakan ini dapat mencetak pelajar yang menyambut Ramadhan dengan kecintaan terhadap Al-Qur’an.

“Harapannya gerakan ini mampu melahirkan pelajar-pelajar yang menyambut ramadhan dengan kecintaan terhadap alqur’an. Mempersiapkan diri untuk menyelesaikan khatam qur’an agar di bulan ramadhan bisa lebih mantap dlm mengkhatamkan Qur’an,” jelasnya.

Adapun pelaksanaan kegiatan akan berlansung pada tanggal 14-28 Februari secara daring melalui grup Daurah Khatam Qur’an, di mana peserta akan melaporkan tilawahnya setiap hari dengan metode yang lebih fleksibel dan adaptif menyesuaikan pada kemampuan pelajar muslimah.

Selain itu mereka juga akan mendapatkan konten motivasi harian dan apresiasi berupa reward bagi yang berhasil mencapai target khatamnya, dan sejumlah agenda lain yang diharapkan mampu mengingatkan dan mendukung para peserta atas komitmen yang telah dimulai. (*/arrahmah.id)

*Oleh: Rezky Hidayanti