BBC Terima 1.500 Aduan Atas Liputan Piala Dunia Qatar Yang ‘Tidak Adil’

Oleh:

|

Kategori:

BBC mendapat kecaman karena liputan Piala Dunia Qatarnya yang dinilai sepihak. [Getty]

LONDON (Arrahmah.id) – BBC telah menerima 1.500 keluhan tentang liputannya tentang Piala Dunia Qatar dengan banyak penilaian bahwa perlakuannya terhadap negara tuan rumah sebagai “tidak adil” dan “sepihak”.

Kritik terfokus pada hari pembukaan turnamen ketika BBC menurunkan liputan upacara pembukaan ke portal daringnya, setelah menyiarkan peluncuran Piala Dunia Rusia 2018 di saluran terestrial.

Upacara pembukaan dipuji di seluruh dunia atas pesan harapan yang disampaikan oleh aktor Morgan Freeman dan aktivis Qatar Ghanim Al-Muftah yang menderita kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome.

Sebelum pertandingan pembukaan antara Qatar dan Ekuador, presenter Gary Linekar memulai “monolog” tentang dugaan pelanggaran hak asasi manusia, masalah lingkungan, tuduhan korupsi, perlakuan buruk terhadap pekerja migran, dan undang-undang yang melarang komunitas LGBTQ+.

Qatar mengatakan telah melakukan sejumlah reformasi untuk menguntungkan pekerja dan yang lain menunjukkan bahwa undang-undang LGBTQ+ jarang digunakan. Ini juga membanggakan diri sebagai Piala Dunia “netral karbon” pertama.

Pemirsa di Inggris menggambarkan liputan tersebut sebagai “sepihak” dan “tidak adil” bagi pembawa acara, sementara yang lain mengeluh bahwa pelaporan tersebut membahayakan reputasi BBC sebagai penyiar independen dan tidak memihak.

Pemirsa lain mengatakan mereka merasa ” dikuliahi ” selama komentar Prancis vs Australia pada Selasa (22/11/2022).

Beberapa telah menunjukkan bahwa tidak ada pakar Qatar yang diduga diundang untuk memberikan pemikiran mereka tentang pertandingan Qatar, dengan kewarganegaraan analis biasanya mewakili negara yang memainkan permainan itu.

Anggota parlemen juga mengkritik liputan dengan Steve Brine, membandingkan liputan olahraga dengan episode program urusan terkini ‘Panorama’ yang sukses besar.

“Liputan paruh waktu dari pertandingan negara lain dulunya merupakan kesempatan untuk menganalisis permainan dan mungkin mendapatkan pembaruan dari base camp negara asal,” katanya menurut media lokal.

“Tadi malam, olahraga sepertinya dikesampingkan dan berita BBC mengambil alih.”

BBC mengatakan pekan ini telah menerima lebih dari 1.432 keluhan tentang liputannya tentang Piala Dunia Qatar.

Penyiar mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke The New Arab:  “Sehubungan dengan kekhawatiran tentang diskusi tentang turnamen yang diadakan di Qatar, sementara kami memiliki sejarah panjang membawa turnamen sepak bola internasional besar ke penonton, termasuk tentu saja, semua aksi di lapangan, kami juga memiliki catatan yang terbukti dalam menangani isu-isu topikal sebagai bagian dari liputan kami, dan Piala Dunia ini pun demikian.”

Presenter dan mantan bintang Inggris Gary Lineker baru-baru ini mengakui bahwa BBC seharusnya berbicara menentang pelanggaran hak asasi manusia Rusia ketika meliput Piala Dunia 2018.

“Saya pikir kami telah dicuci ketika olahraga empat tahun lalu sewaktu kami berada di Rusia,” katanya, menyusul kritik atas perlakuannya terhadap Qatar.

“Saya melihat ke belakang empat tahun dan merasa sedikit tidak nyaman.”

Rusia telah membunuh ribuan warga sipil Suriah dalam kampanye pengeboman di daerah anti-rezim Suriah – termasuk menargetkan sekolah, rumah sakit, dan toko roti – dan secara ilegal menduduki dan mencaplok wilayah Krimea di Ukraina. (zarahamala/arrahmah.id)