Musnahkan ISIS, AS Kirim Alutista Dalam Jumlah Besar untuk Milisi Kurdi SDF

Oleh:

|

Kategori:

Bala bantuan militer dari Koalisi global 80 negara yang dipimpin pimpinan AS berangkat menuju kota Shaddadi. [Foto : North Press]

HASAKAH (Arrahmah.id) — Koalisi global 80 negara yang dipimpin Amerika Serikat (AS) pada Ahad (15/1/2023) mengirim bala bantuan militer dan alustista dalam jumlah besar untuk milisi Kurdi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di Hasakah, timur laut Suriah.

Dilansir North Press Agency (15/1), tak kurang 50 truk mengangkat berbagai kendaraan tempur dan puluhan lainnya mengangkut bahan bakar ke markas mereka di kota Shaddadi.

Pangkalan koalisi global dengan SDF di Shaddadi dianggap sebagai salah satu pangkalan koalisi terpenting di timur laut Suriah, mengingat lokasinya yang strategis yang menghubungkan Hasakah dan Deir ez-Zor.

Menurut milisi SDF, pengiriman itu dilakukan setelah adanya laporan terkait potensi ancaman Islamic State (ISIS) yang akan meningkat pada tahun 2023.

Farhad Shami, Direktur Pusat Media SDF, men-tweet tentang laporan tersebut, mengatakan, “Ancaman terhadap kawasan akan meningkat dalam beberapa pekan mendatang.”

Shami menambahkan bahwa bantuan ini juga untuk memperlancar Operasi Al-Jazeera Thunderbolt di wilayah Hasakah dan Qamishli yang fokus untuk memusnahkan sel-sel ISIS. (hanoum/arrahmah.id)